Tips Password Yang Kuat

By Admin in Literasi Keamanan Siber

Literasi Keamanan Siber
Keamanan berinternet sejatinya harus menjadi fokus para pengguna. Keamanan dan kenyamanan berinternet dapat diciptakan melalui pembuatan password (kata sandi) yang kuat, untuk meminimalisir kemungkinan peretasan informasi pribadi oleh hacker
Password yang kuat sebaiknya tetap mudah diingat, namun sulit ditebak pihak lain. Terdapat  beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan saat membuat password :

  1.  Hindari informasi pribadi, seperti tanggal penting dan nama orang terdekat, dan lokasi tinggal.
  2. Gunakan password yang panjang dan mudah diingat, password dengan minimal 12 karakter atau lebih. Semakin panjang, semakin sulit untuk ditebak atau dipecahkan.
  3. Campurkan Berbagai Jenis Karakter: Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus seperti simbol (!, @, #, $, dll.).
  4. Hindari Kata-kata yang Mudah Ditebak: Jangan gunakan kata-kata umum, seperti "password", "123456", atau nama-nama yang umum digunakan, karena ini mudah ditebak.
  5. Hindari Informasi Pribadi: Jangan gunakan tanggal lahir, nama lengkap, nama hewan peliharaan, atau informasi pribadi lainnya yang mudah ditemukan di media sosial atau profil publik.
  6. Gunakan Frasa Sandi: Pertimbangkan menggunakan frasa sandi (passphrase) yang mudah diingat, tetapi sulit ditebak. Frasa sandi terdiri dari beberapa kata acak yang digabungkan, seperti "DelapanKucingHitam!".
  7. Hindari Pola Sederhana: Jangan gunakan pola sederhana seperti "qwerty" atau "asdfgh", karena mudah ditebak.
  8. Password Unik untuk Setiap Akun: Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun. Jika salah satu akun terkena serangan, akun lainnya tetap aman.
  9. Gunakan Manajer Kata Sandi: Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi atau manajer kata sandi yang dapat membuat, menyimpan, dan mengingatkan Anda tentang kata sandi yang kuat untuk setiap akun Anda.
  10. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA): Aktifkan opsi otentikasi dua faktor (2FA) di akun-akun penting Anda. 2FA menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode verifikasi tambahan setelah memasukkan kata sandi.
  11. Perbarui Password Secara Berkala: Secara berkala, ubah kata sandi Anda, terutama untuk akun yang krusial seperti email dan perbankan. Ini akan mengurangi risiko jika ada kemungkinan kata sandi Anda telah bocor.

Ingat, menggunakan password yang kuat adalah langkah penting dalam menjaga keamanan akun dan informasi pribadi Anda dari serangan cyber. Selalu lindungi dan jaga kerahasiaan password Anda.

 

Back to Posts